Selasa, 21 Agustus 2012

Meter Prabayar Tertera Periksa

agus says:
April 27, 2012 at 5:41 am
biar tidak ada tulisan periksa.bpk matikan semua group mcb atau sekring bagi dan matikan mcb luarnya tekan sembarang angka langsung oke.cari kesalahan nya dimana salah satu instalasi bapak ada kebocoran.semoga bermanfaat

mbah meru says:
July 12, 2012 at 3:11 am
sekedar informasi, lebih baik PLN pakai meter prabayar merk GLOMET GX600, biarpun groundingnya bocor dan dilayar muncul tanda tangan, tapi ketika mcb di OFF kan bisa langsung di masukkan token tanpa harus meminta clear temper pada PLN, karena ketika MCB posisi OFF, kurang lebih 1 menit tanda tangan pada layar akan hilang, ini berbeda dengan meter pra bayar merk lain, terutama ITRON dan HEXING yang harus memasukkan clear temper untuk menghilangkan tulisan periksa pada layar LCD. Dan untuk meter ITRON dan HEXING saya rasa tidak cocok untuk dipakai pada konsumen PLN terutama konsumen yang menggunakan listriknya untuk las listrik,karena ketika dipakai untuk las listrik layar LCD selalu muncul periksa, dan setiap kali isi pulsa listrik selalu minta clear temper ke PLN. Ini saya rasa merepotkan konsumen.


moh idris says:
12 Februari 2012 16:39
ada tulisan periksa berarti pemasangan ataupun instalasi di rumah saudara kurang benar atau tidak sesuai,itu biasanya ada grounding liar atau dengan kata lain pembumian yang tidak sesuai,suatu contoh,karena kurang yakin maka ada tambahan pembumian lagi misal saja pada akhir sirkuit atau instalasi ada tambahan groun.sehingga di dalam satu instalasi (satu rumah)ada pengegrounan 2.jadi timbul periksa.Adanya listrik prabayar itu mempermudah bukan nya mempersulit karena jelas lebih hemat dan mudah terkontrol.Untuk keluhan seputar abnormal (meter kwh tertera tulisan “periksa” saudara bisa bertanya ke ahli terdekat atau layanan teknik atau bisa kirim sms ke saya no hp. 085869015758 insya Allah saya akan bantu penjelasan .terimakasih.

24 komentar:

  1. bagaimana cara menghilangkan tulisan PERIKSA pada kwh pra bayar

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk menghilangkan tulisan periksa harus didatangkan petugas, karena harus dicek instalasi, kondisi kwh dan yang terakhir di masukan 20 digit kode yang dimiliki oleh PLN.

      Hapus
  2. PLN kok seneng repot ya, perangkat desa ja salah satu kasih pelajaran atasi periksa kan gak repot bolak balik... hihii.. pisss

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang betul pak, mereka memang senang dengan kerepotan, dengan alasan untuk menghindari oknum. Padahal di lapangan masih banyak saya temukan oknum petugas.

      dan untuk menghilangkan tulisan periksa ini, harus dengan 20 angka yang dimiliki oleh PLN, dan hanya kepala & pengawas setiap unit PLN saja yang bisa meminta 20 angka tersebut...

      semoga membantu

      Hapus
  3. kenapa harus petugas datang sih? kn kita bisa clearing temper sendiri? setiap ada petugas datang pasti akan ada uang dikantong yang berkurang, sedangkan saya udah berkali-kali panggil petugas karena masalah periksa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut mereka, itu salah satu cara untuk mengurangi oknum atau petugas nakal...
      baiknya, agan telepon ke bagian pengaduan ke 123 call center PLN, saat membutuhkan clear tamper.
      catat nomor laporan pengaduan, untuk mengadukan "jika" petugas meminta uang setelah memasukan clear tamper...

      info lebih lanjut, call center 12

      Hapus
  4. menurut mereka, itu salah satu cara untuk mengurangi oknum atau petugas nakal...
    baiknya, agan telepon ke bagian pengaduan ke 123 call center PLN, saat membutuhkan clear tamper.
    catat nomor laporan pengaduan, untuk mengadukan "jika" petugas meminta uang setelah memasukan clear tamper...

    info lebih lanjut, call center 123

    BalasHapus
  5. saya pernah mengalami permintaan temper,kemudian datang petugas ke rumah saya dan secara terang-terangan petugas meminta uang sebesar Rp.25.000.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mendatangkan petugas tanpa melalui area pelayanan terkait atau call center 123, biasanya memang mereka berani meminta upah atau bayaran. Karena mereka berpikir, kita tidak cukup bukti untuk melaporkan...
      tidak seperti melalui area pelayanan terkait atau call center 123, kita mempunyai nomor lapor, dll...

      Hapus
  6. bagi orang miskin yang baik apa bila kita melakukan panggilan petugas untuk clear temper ,ga enak klo ga di kasih unag rokok,jd adanya listrik prabayar agak merugikan konsumen dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya ga perlu berperasa'an seperti itu, toh itu sudah tugas dia...
      dia sudah dibayar untuk hal tersebut...

      _maaf, bila berbeda pendapat_

      Hapus
    2. pln nya aja kurang kerjaan,padahal cuma buat situs pengaduan,kirim no.kwh kita kesitus tsbt,lalu keluar deh 20 digit tersebut,jgn beli pulsanya aja bisa dimana-mana,sudah tahu produknya rusak e gak mau diganti,malah dikasih 20 digit terus kapan mau bagusnya PLN



      Hapus
    3. YAUDAH,, KLW BNYK YG KOMPLEN NGK USAH AJA BERLANGGANAN SAMA PLN,, SILAHKAN PAKE LILIN,, ITU AJA KOK REPOT,,,,
      NGAPAIN MENGUPAT,, NAMBAH2 DOSA :p

      Hapus
  7. pendapat saya ini mungkin salah,dalam instalasi listrik pastinya ada tiga kabel hitam biru kuning.masalah tulisan periksa biasanya kabel warna kuning itu di lepas dan di jadikan satu pada kabel biru,benar tapi tidak seharusnya,kita bisa cek dengan multi tester digital.Saya tidak menyarankan yang belum mengerti tentang listrik.cabut 3 kabel dari box sekring posisikan Mtester ke 2000M tempel salah satu kabel dan kemudian kesatunya lagi jika usahakan semua lampu di lepas dan perangkat electronic jika instalasi normal Mtester tetap pada angka 1.Kemudian pindah colok tester ke ground ujung Mtester tepel ke 3 kabel satu per satu jika Mtester tetap pda angka 1 instalasi normal.Tetapi jika masih sering ada tulisan periksa berarti kabel warna hitam dan biru ada tegangan hilang yang tidak seimbang.Demikian mungkin jadi pertimbangan

    BalasHapus
  8. wis katanya lebih baik listrik pra bayar tapi banyak masalah....selalu muncul periksa......
    rumah padam....nunggu PLN tak datang-datang mungkin ini yang banyak dirasanya ole pelanggan dengan listrik pra bayar.

    BalasHapus
  9. perkataan reno diatas benar banget,.. apa yang jadi masalah nsehingga sulit untuk mengakses dan mempersulit banyak orang,.. kalo memang KWH ini sangat rentan kenapa tidak bikin situs yang lebik mudah atau pengaduan yang gampang dan cepat...sementara tlp 123 yg jawab lelet semua memakan waktu dan pemborosan saya beberapa x tlp hanya menguras pulsa jawabanya cukup dengan tunggu sebentar,..pernah mengalami habis 50.000 untuk telp 123 saja

    BalasHapus
  10. muncul tulisan Periksa tiap bulan minta kode reset,mau ga mau kasih uang rokok. Kalo cuma klik 20 angka di kasih tau aja kodenya ke pelanggan..., ribettt
    mo ngilangin pungutan pake cr begini apa ga sebaliknya jd subur pungutan....

    BalasHapus
  11. Saya pernah mengalami kesulita waktu pulsa sudah mau habis sementara dirumah saya sedang ada acara hajatan saya coba cari pulsa tokennya di Indomaret, Counter pembayaran PLN, ATM semuanya ga ada yg aktif sementara listrik itu penting karena sedang ada hajatan daripada mati karena kehabisan nafas akhirnya saya by pass aja kebetulan box kacanya ga tersegel, tapi skr masalahnya begitu saya kembalikan ke posisi semula malah di displaynya muncul PERIKSA saya coba reset ga mau juga, buat agan2x yg kira2x tau cara untuk menormalkannya boleh saya minta share infonya dong krn sampai saat ini msh saya by pass krn ga bisa di isi !!! Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. +Ade Setiawan
      Tidak ada cara lain, kecuali mendatangkan petugas, karena untuk menormalkannya harus dimasukkan kode...

      terimakasih,
      semoga membantu

      Hapus
  12. Bang mungki tanya dong.,
    Tempat saya kan gampang banget jepret ni mcbnya, mcbnya pake cl4.
    ahirnya saya ganti pakek c6, tapi warna kuning kok nyala,.
    masalah gak tu ya pln prabayar saya, mereknya glomet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekedar saran...
      sebisa mungkin kalau sudah berkenaan dengan meteran, datangkan petugas...
      meminimalisir petugas (oknum) memanfaatkan kesalahan yang kita lakukan,..

      lampu kuning menyala, tandanya inikator penyalahgunaan, harus ditelusuri gan...

      http://mungkisolan.blogspot.com/2012/08/meter-prabayar-tertera-periksa.html

      Hapus
  13. Iyanih pln mempersulit,tempat saya kwh nya muncul periksa,terus saya lapor petugas pln katanya harus masukan kode 20 digit,terus minta bayaran250000 ribu,pemerasan namanya tuh.I

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika ada petugas yang meminta bayaran atas kode 20 digit yang diberikan oleh petugas, segera hubungi call center PLN 123 atau area pelayanan terdekat. Dengan mencatat nama no hp oknum tersebut.

      Hapus