agus says:
April 27, 2012 at 5:41 am
biar tidak ada tulisan
periksa.bpk matikan semua group mcb atau sekring bagi dan matikan mcb luarnya
tekan sembarang angka langsung oke.cari kesalahan nya dimana salah satu
instalasi bapak ada kebocoran.semoga bermanfaat
mbah meru says:
July 12, 2012 at 3:11 am
sekedar informasi,
lebih baik PLN pakai meter prabayar merk GLOMET GX600, biarpun groundingnya
bocor dan dilayar muncul tanda tangan, tapi ketika mcb di OFF kan bisa langsung
di masukkan token tanpa harus meminta clear temper pada PLN, karena ketika MCB
posisi OFF, kurang lebih 1 menit tanda tangan pada layar akan hilang, ini
berbeda dengan meter pra bayar merk lain, terutama ITRON dan HEXING yang harus
memasukkan clear temper untuk menghilangkan tulisan periksa pada layar LCD. Dan
untuk meter ITRON dan HEXING saya rasa tidak cocok untuk dipakai pada konsumen
PLN terutama konsumen yang menggunakan listriknya untuk las listrik,karena
ketika dipakai untuk las listrik layar LCD selalu muncul periksa, dan setiap
kali isi pulsa listrik selalu minta clear temper ke PLN. Ini saya rasa
merepotkan konsumen.
moh idris says:
12 Februari 2012 16:39
ada tulisan periksa
berarti pemasangan ataupun instalasi di rumah saudara kurang benar atau tidak
sesuai,itu biasanya ada grounding liar atau dengan kata lain pembumian yang
tidak sesuai,suatu contoh,karena kurang yakin maka ada tambahan pembumian lagi
misal saja pada akhir sirkuit atau instalasi ada tambahan groun.sehingga di
dalam satu instalasi (satu rumah)ada pengegrounan 2.jadi timbul periksa.Adanya
listrik prabayar itu mempermudah bukan nya mempersulit karena jelas lebih hemat
dan mudah terkontrol.Untuk keluhan seputar abnormal (meter kwh tertera tulisan “periksa”
saudara bisa bertanya ke ahli terdekat atau layanan teknik atau bisa kirim sms
ke saya no hp. 085869015758
insya Allah saya akan bantu penjelasan .terimakasih.
bagaimana cara menghilangkan tulisan PERIKSA pada kwh pra bayar
BalasHapusuntuk menghilangkan tulisan periksa harus didatangkan petugas, karena harus dicek instalasi, kondisi kwh dan yang terakhir di masukan 20 digit kode yang dimiliki oleh PLN.
HapusPLN kok seneng repot ya, perangkat desa ja salah satu kasih pelajaran atasi periksa kan gak repot bolak balik... hihii.. pisss
BalasHapusmemang betul pak, mereka memang senang dengan kerepotan, dengan alasan untuk menghindari oknum. Padahal di lapangan masih banyak saya temukan oknum petugas.
Hapusdan untuk menghilangkan tulisan periksa ini, harus dengan 20 angka yang dimiliki oleh PLN, dan hanya kepala & pengawas setiap unit PLN saja yang bisa meminta 20 angka tersebut...
semoga membantu
Pln.. Ga asik
Hapusbetu_betul
Hapuskenapa harus petugas datang sih? kn kita bisa clearing temper sendiri? setiap ada petugas datang pasti akan ada uang dikantong yang berkurang, sedangkan saya udah berkali-kali panggil petugas karena masalah periksa.
BalasHapusmenurut mereka, itu salah satu cara untuk mengurangi oknum atau petugas nakal...
Hapusbaiknya, agan telepon ke bagian pengaduan ke 123 call center PLN, saat membutuhkan clear tamper.
catat nomor laporan pengaduan, untuk mengadukan "jika" petugas meminta uang setelah memasukan clear tamper...
info lebih lanjut, call center 12
Ne meteran q bermasalah, 7x komplain.. Ttp no solusi... Pyah
Hapusmenurut mereka, itu salah satu cara untuk mengurangi oknum atau petugas nakal...
BalasHapusbaiknya, agan telepon ke bagian pengaduan ke 123 call center PLN, saat membutuhkan clear tamper.
catat nomor laporan pengaduan, untuk mengadukan "jika" petugas meminta uang setelah memasukan clear tamper...
info lebih lanjut, call center 123
saya pernah mengalami permintaan temper,kemudian datang petugas ke rumah saya dan secara terang-terangan petugas meminta uang sebesar Rp.25.000.
BalasHapuskalau mendatangkan petugas tanpa melalui area pelayanan terkait atau call center 123, biasanya memang mereka berani meminta upah atau bayaran. Karena mereka berpikir, kita tidak cukup bukti untuk melaporkan...
Hapustidak seperti melalui area pelayanan terkait atau call center 123, kita mempunyai nomor lapor, dll...
bagi orang miskin yang baik apa bila kita melakukan panggilan petugas untuk clear temper ,ga enak klo ga di kasih unag rokok,jd adanya listrik prabayar agak merugikan konsumen dong
BalasHapussebenarnya ga perlu berperasa'an seperti itu, toh itu sudah tugas dia...
Hapusdia sudah dibayar untuk hal tersebut...
_maaf, bila berbeda pendapat_
pln nya aja kurang kerjaan,padahal cuma buat situs pengaduan,kirim no.kwh kita kesitus tsbt,lalu keluar deh 20 digit tersebut,jgn beli pulsanya aja bisa dimana-mana,sudah tahu produknya rusak e gak mau diganti,malah dikasih 20 digit terus kapan mau bagusnya PLN
HapusYAUDAH,, KLW BNYK YG KOMPLEN NGK USAH AJA BERLANGGANAN SAMA PLN,, SILAHKAN PAKE LILIN,, ITU AJA KOK REPOT,,,,
HapusNGAPAIN MENGUPAT,, NAMBAH2 DOSA :p
pendapat saya ini mungkin salah,dalam instalasi listrik pastinya ada tiga kabel hitam biru kuning.masalah tulisan periksa biasanya kabel warna kuning itu di lepas dan di jadikan satu pada kabel biru,benar tapi tidak seharusnya,kita bisa cek dengan multi tester digital.Saya tidak menyarankan yang belum mengerti tentang listrik.cabut 3 kabel dari box sekring posisikan Mtester ke 2000M tempel salah satu kabel dan kemudian kesatunya lagi jika usahakan semua lampu di lepas dan perangkat electronic jika instalasi normal Mtester tetap pada angka 1.Kemudian pindah colok tester ke ground ujung Mtester tepel ke 3 kabel satu per satu jika Mtester tetap pda angka 1 instalasi normal.Tetapi jika masih sering ada tulisan periksa berarti kabel warna hitam dan biru ada tegangan hilang yang tidak seimbang.Demikian mungkin jadi pertimbangan
BalasHapuswis katanya lebih baik listrik pra bayar tapi banyak masalah....selalu muncul periksa......
BalasHapusrumah padam....nunggu PLN tak datang-datang mungkin ini yang banyak dirasanya ole pelanggan dengan listrik pra bayar.
perkataan reno diatas benar banget,.. apa yang jadi masalah nsehingga sulit untuk mengakses dan mempersulit banyak orang,.. kalo memang KWH ini sangat rentan kenapa tidak bikin situs yang lebik mudah atau pengaduan yang gampang dan cepat...sementara tlp 123 yg jawab lelet semua memakan waktu dan pemborosan saya beberapa x tlp hanya menguras pulsa jawabanya cukup dengan tunggu sebentar,..pernah mengalami habis 50.000 untuk telp 123 saja
BalasHapusmuncul tulisan Periksa tiap bulan minta kode reset,mau ga mau kasih uang rokok. Kalo cuma klik 20 angka di kasih tau aja kodenya ke pelanggan..., ribettt
BalasHapusmo ngilangin pungutan pake cr begini apa ga sebaliknya jd subur pungutan....
emang suka ribet pln?
BalasHapusSaya pernah mengalami kesulita waktu pulsa sudah mau habis sementara dirumah saya sedang ada acara hajatan saya coba cari pulsa tokennya di Indomaret, Counter pembayaran PLN, ATM semuanya ga ada yg aktif sementara listrik itu penting karena sedang ada hajatan daripada mati karena kehabisan nafas akhirnya saya by pass aja kebetulan box kacanya ga tersegel, tapi skr masalahnya begitu saya kembalikan ke posisi semula malah di displaynya muncul PERIKSA saya coba reset ga mau juga, buat agan2x yg kira2x tau cara untuk menormalkannya boleh saya minta share infonya dong krn sampai saat ini msh saya by pass krn ga bisa di isi !!! Tks
BalasHapus+Ade Setiawan
HapusTidak ada cara lain, kecuali mendatangkan petugas, karena untuk menormalkannya harus dimasukkan kode...
terimakasih,
semoga membantu
Bang mungki tanya dong.,
BalasHapusTempat saya kan gampang banget jepret ni mcbnya, mcbnya pake cl4.
ahirnya saya ganti pakek c6, tapi warna kuning kok nyala,.
masalah gak tu ya pln prabayar saya, mereknya glomet.
sekedar saran...
Hapussebisa mungkin kalau sudah berkenaan dengan meteran, datangkan petugas...
meminimalisir petugas (oknum) memanfaatkan kesalahan yang kita lakukan,..
lampu kuning menyala, tandanya inikator penyalahgunaan, harus ditelusuri gan...
http://mungkisolan.blogspot.com/2012/08/meter-prabayar-tertera-periksa.html
Iyanih pln mempersulit,tempat saya kwh nya muncul periksa,terus saya lapor petugas pln katanya harus masukan kode 20 digit,terus minta bayaran250000 ribu,pemerasan namanya tuh.I
BalasHapusjika ada petugas yang meminta bayaran atas kode 20 digit yang diberikan oleh petugas, segera hubungi call center PLN 123 atau area pelayanan terdekat. Dengan mencatat nama no hp oknum tersebut.
Hapusgimana gan kalo saya minta nomor tempernya??
BalasHapusbiasanya pelanggan tidak diperbolehkan, harus petugas.
HapusMeteran saya ada tulisan CALL setelah saya pindahkan kilometer nya ... mohon penjelasan nya agan2 .. terimakasih
BalasHapustulisan "CALL" harap datangkan petugas, karena ada kode yg harus di input, silahkan hubungi area pelayanan terkait.
Hapusterima kasih
tulisan "CALL" harap datangkan petugas, karena ada kode yg harus di input, silahkan hubungi area pelayanan terkait.
Hapusterima kasih
Pln g jelas
Hapuspak nanya meteran d rumah saya keluar tanda tangan dan tanda panah dan lampu tampernya nyala itu harus d gmanain pak mohon saran n solusinya
BalasHapusUntuk meter prabayar pelanggan tidak bisa berbuat banyak,,,
HapusHubungi area pelayanan terkait, untuk didatangkan petugas.
Di meteran prabayar saya sering muncul kata 'SALAH' bukannya 'PERIKSA' saya tidak bisa melihat Sisa kuota/pulsanya, dan lampu yg berada di seblah kiri tidak mnyala. Lalu saat saya mengisi pulsa di meteran prabayar, bukan muncul kata 'BENAR'? Melainkan kata 'SUDAH'. Saya mohon penjelasannya . Terimakasih
BalasHapusSepertinya harus ditelusuri kerusakan dari meteran pra bayarnya...
BalasHapusagar segera diganti dengan yang baru...
Hubungi area pelayanan terkait, untuk didatangkan petugas.
Klo waktu nyalakan sanyo lampu temper nyala terus tapi klo di matiin tidak nyala apa penyebabnya gan
BalasHapustandanya sedang ada pemakaian,,,
Hapusbila sedang ada pemakaian yang besar, biasanya kwh menyala/berkedip terus menerus...
bang saya mau nanya nih kalu kwh prabayar misalkan saya mau nyalain/masang lampu fositifnya dri kwh tpi negatifnya dari tanah tidak dari kabel netral dari kwh bisa gak ya...
BalasHapusane ga ngarti gan, kalau sudah instalasi...
Hapusangkat tangan tinggi-tinggi...
gan , alamat slain @pln123 yg online agar bisa dpet clear tmper dmn bos?
BalasHapusklo hrus bolak balik ke up pln jauh.
Selamat sore mf sy mengganggu. Sy mau nanya kenapa meteran digital sy ada tanda tangan tp jumlah rupiah nya ada. Yg sy tanya knp pulsa sy ga habis2 masih sisa 10575 tp arus listrik masih ada mau isi pulsa bs juga.tks
BalasHapusMaksud sy isi pulsa ga bs masuk
BalasHapusMaksud sy isi pulsa ga bs masuk
BalasHapusSelamat sore mf sy mengganggu. Sy mau nanya kenapa meteran digital sy ada tanda tangan tp jumlah rupiah nya ada. Yg sy tanya knp pulsa sy ga habis2 masih sisa 10575 tp arus listrik masih ada mau isi pulsa bs juga.tks
BalasHapushubungi area pelayanan terkait, atau hubungi PLN-123...
Hapuskarena harus di datangkan petugas...
semoga membantu
Saya sangat heran,karena daerah saya musim angin kencang sehingga groundnya lepas,karena tidak ada pengikat kabel ditiang listrik lalu saya beli baut pengikat dan saya pasang. Tapi sangat aneh lampu tidak bisa menyala,yang ada tulisan pada meteran kata periksa padahal masih banyak pulsanya tertulis 18145 pada meteran. Kepada pihak pln mohon bantuannya,karena lampu tidak bisa menyala sehingga mengganggu aktvitas kerja.Terimaksih
BalasHapusHarap hubungi Petugas,,,
Hapusatau
Hubungi Call Center 123,,,
Mention di:
https://twitter.com/pln_123
terima kasih
Maaf..saya juga mau tanya..kenapa kwh meter saya muncul tulisan periksa dan ada tanda tangan juga...saya sudah datangkan petugas setelah di masukkan kode baru bisa pulsanya masuk tapi lagi ada tulisan periksa dan tangan tu..mohon infonya
BalasHapusHubungi Call Center 123,,,
HapusMention di:
https://twitter.com/pln_123
datangkan petugas untuk dapat ditelusuri lebih lanjut
Mohon infon bg,kalau malam hari lampu kuning/tamperny nyala dan kluar gambar tangan,kwh daya 900 merk hexing,stelah sya cabut colokan magic com smenit kmudian gambar tangan dan lampu tamperny hilang,tapi kalau disiang hari klau magic com dicolokin lampu tamper dan gambar tnganny tdak tampil.
BalasHapusINFO Yang terbaru dengan pungli pln di lapangan...dilapor malah lampu di bypasss kemudian 6 bulan lagi datang petugas .kesalahan malah dari pelanggan...pelanggan malah di denda 11 juta trus ...buat apa lapor kalau pungli makin marakkk eanakin aja lah
BalasHapusGampang.. biar buka tutup atau ganti mcb token kpan aja.tinggl minta CT (clear tamper) k pln.psng dn buka sndiri, jngn lupa beli lem power glue.d dlm ttup mcb ad semacm sweit dn ttupnya ad untuk menekan sweit trsbut.jd yang srankan sweit tersbut kita lem.tp jngn dl d tutup.pastikn sweit trsbut benr2 mnyatu stlh itu br anda masukan no ctnya.sdh tinggl anda buka dn tutup ssukanya gk perlu bolk balik mnta no ct k pln.oh iya klu anda sush mndptkn no ct dr pln jngn bosen2 token anda agr muncul tulisan priksa.nnti lama2 petugas bosan dn pasti no ctnya di berikan k anda.
BalasHapuslagi ribut dengan produk baru ya.. udah begitu jalannya era globalisasi, semakin canggih juga pula semakin banyak duitnya...pula semakin meropotkan bagi masyarakat berekonomi lemah/ alias miskin
BalasHapusMaav mau tanya nih, kl pada listrik token muncul gambar tangan & lampu kuning temper nyala, trus sering njeeglek ( sehari bisa 2 - 3 kali njeeglek ). Dicoba lepas trus pasang alat2 listrik dirumah satu persatu tidak ketemu, namun setelah pemakaian 6 - 10 jam tiba2 njeeglek lagi / kadang waktu jam 12 ato 1 malam.
BalasHapusMaav mau tanya nih, kl pada listrik token muncul gambar tangan & lampu kuning temper nyala, trus sering njeeglek ( sehari bisa 2 - 3 kali njeeglek ). Dicoba lepas trus pasang alat2 listrik dirumah satu persatu tidak ketemu, namun setelah pemakaian 6 - 10 jam tiba2 njeeglek lagi / kadang waktu jam 12 ato 1 malam. Sudah didatangkan pihak pln katanya ada instalasi yg kurang baik.Mohon pencerahannya
BalasHapusdicoba untuk ganti MCB,
Hapusbila masih demikian, datangkan instalatir,
untuk ditelusuri instalasinya.
semoga membantu
Ass...bang mau tnya ya...saya mau pindah kwh hesing atau itron ke seblah rumah...jdi kan hrus membuka tutupnya kan nah stlah tu kan dia pasti mnta ct baru bla mau diaktipkan lgi gimna lah caranya saya geser tanpa harus membutuhan ct baru gtu...apa kah bla kbl sr kita putus dan kita tggu lma sampai di kwh tidak da lgi tulisan atau btrai hbs dlm kwh bru kita bka ttup kwhnya gtu biar nanti kita slai pindah jga sambung dak kluar periksa dan tak membutuhan ct baru...mhn bantuan nya bos...suwun
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTanya bang Mungky, kalau kwh sering muncul periksa, kemudian pelanggan ingin mengganti kwh meternya apa bisa?biayanya bagaimana?terima kasih
BalasHapusTanya bang Mungky, kalau kwh sering muncul periksa, kemudian pelanggan ingin mengganti kwh meternya apa bisa?biayanya bagaimana?terima kasih
BalasHapusBoring
BalasHapusMCB kita lemah terus langsung aja kita ganti karna kita kurang paham,keluar tulisan periksa
BalasHapusApa kita kenak denda kalo melapor ke petugas PLN
bisa dg catatan pemasangan arde / grounding yg ditanah harus bagus
BalasHapus